Kamis, 07 April 2011

Tips Perawatan Komputer


Hay Guyz... Kami anak-anak X Teknik komputer Jaringan dari Smk Pariwisata Pgri Majalengka,, akan memberikan Tips merawat komputer,, kita mulai aja,, yukz...
1. Bersihkan motherbood & periferal lain( Hardware) dari debu secara berkala.Untuk membersihkannya dapat kita gunakan kuas halus ukuran kecildan sedang.Buka casing Cpu terlebih dahulu kemudian bersihkan Motherbood dengan sikat halus.Pada saat komputer tidak di gunakan tutuplah komputer dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.
2. Uninstall program yang tidak berguna. Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk, sehingga beban kerjanya akan lebih berat, dengan hal seperti itu, maka harddisk akan lebih cepat rusak.
3. Bersihkan Recycle Bin secara rutin. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menimbulkan kerja harddisk jadi lelet. cara agar kita dapat menghapus file-file yang sudah terbuang yaitu : Klik kanan Start, pilih explorer, pilih Recycle Bin, klik file, lalu klik Empty Recycle Bin. Atau kalian semua dapat menjalankan fungsi clean up. Caranya klik star, program, Accesories, system tool, Disk clean up, pilih drive yang mau di bersihkan, centang opsi Recycle Bin, OK.
4. Instal program antivirus dan update secara berkala.
5. Tutup/Close program yang tidak berguna/tidak diperlukan, karena ini akan berpengaruh pada memory(RAM).
6. Defrag harddisk secara berkala, agar mempermudah proses read/write sehingga beban kerja harddisk akan lebih ringan. adapun cara untuk memperpanjang umur harddisk, yaitu : klik start, program, accesories, system tool, disk defragmenter. Ingat ! saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan, termasuk screen saver, karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.
7. Ventilasi yang cukup. jarak antara monitor, CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm.
8. Jangan meletakan speaker active terlalu dekat dengan monitor. karena medan magnet yang terdapat pada speaker dapat berpengaruh pada warna tampilan di monitor.
9. Pasang kabel ground, apabila casing komputer nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu di hubungkan dengan CPU(pada casing) sedangkan ujung yang lain di tanam dalam tanah. Hal ini akan menetralkan arus listrik yang nyasar, sehingga dapat membuat komponen elektronik yang awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar